Jumat, 25 Februari 2011

materi kelas 9 : manjelajahi internet

Informasi yang terdapat di Internet ditempatkan dihalaman-halaman web, yang merupakan file yang ditulis dengan menggunakan kode yang disebut dengan kode HTML (Hypertext Mark Up Language). Kode HTML dapat dibaca oleh komputer jika komputer tersebut mempunyai program yang disebut dengan program Browser.
Browser berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode HTML menjadi sebuah halaman web. Selain dalam bentuk halaman web (seperti tulisan langsung dalam sebuah blog), informasi juga dapat disimpan dalam bentuk file, seperti :
dokumen : .doc .rtf(Rich Text File) .pdf
gambar : .JPG .GIF .bmp .img
musik : .MP3 .WAV
video : .MP4 .AVI .3Gp
aplikasi : .exe .sis
dll (silahkan cari sendiri yaaaa...)

Browser yang paling banyak digunakan adalah Netscape navigator, Internet Explorer, Opera, dan Mozila Firefox. Semua browser tersebut dapat dijalankan dikomputer yang mempunyai Sistem Operasi Windows.
1. Menjalankan Browser
Browsing adalah kegiatan menjelajahi Internet. Menjelajahi Internet berarti mencari informasi dengan cara mengunjungi website-website yang ada di Internet.

2. Bagian-bagian Browser (disambung nanti ya...)
Salah satu khas dari program browser adalah jendela Internet dilengkapi dengan Address Bar. Pada Address Bar kita dapat mengetik alamat yang ingin dikunjungi.
Bagian-bagian jendela Internet yaitu :
a. Title Bar adalah yang terdapat pada bagian paling atas jendela internet. Kontrol jendela tersebut terdiri dari tombol Minimize, Maximize, dan Close.

b. Menu Bar merupakan tempat-tempat menu yang terdapat dijendela Internet ditempatkan. Menu yang terdapat dijendela Internet antara lain : File, Edit, View, Favorites, Tools dan Help.

c. Toolbar merupakan tombol-tombol perintah.

Nah, untuk toolbar ini saya berikan tugas kepada siswa untuk mencari dan mengenal semua toolbar yang ada disetiap program browser.......Ok

3. Istilah Dasar Internet
Intranet
Intranet merupakan suatu perkembangan dari Local Area Network (LAN) yang mengadopsi tegnologi dari internet. Intranet adalah sebuah jaringan khusus dengan sistem dan prinsip yang sama dengan internet.

Bandwidth
Bandwidth adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mantransfer data dalam jangka waktu tertentu. Satuan untuk bandwith adalah megabyte per second (Mbps) atau kilobyte per second (kbps).

Website
Website adalah kumpulan dari halaman-halaman web yang saling mempunyai ketertarikan dan kerab disebut situs web

Search Engine
Search Engine adalah suatu program di website tertentu yang digunakan untuk mencari informasi-informasi yang ada di dalam internet.

Uniform Resource Locator / URL
URL adalah pemberian nama pada sebuah alamat website. Alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.

Homepage
Homepage adalah halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website.

Webpage
Webpage merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada sebuah halaman web.

Hypertext Link atau Link
Link adalah sebuah text, gambar, atau tombol di sebuah halaman web yang digunakan untuk mengakses sebuah halaman web atau file-file lainnya.

Spam
Spam adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan seperti email yang penting, email, iklan dan lain sebagainya.

Login
Login adalah proses untuk mengakses komputer dengan memasukkan identitas dari akun pengguna dan kata sandi guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan

(Sumber Buku TIK KTSP 2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar